Stretching Untuk Menjaga Kelenturan

Stretching dilakukan untuk mempertahankan kelenturan otot dan sendi. Karena itu stretching harus dilakukan setiap hari. Berikut ini step-step stretching standard yang bisa dilakukan untuk semua usia.

Bila anda belum mampu melakukan gerakan-gerakan tersebut, berikut ini video stretching yang bisa dilakukan anda, dibantu anggota keluarga.

Video-video ini mengajarkan gerakan-gerakan stetching (pelemasan otot) berdasarkan metode PNF (Prorioceptive Neuromusculator Facilitation). Metode PNF memberikan pelemasan maximal bagi otot dan biasa digunakan atlit profesional untuk melemaskan ototnya sebelum mereka berolahraga.

Stretching untuk tangan

Stretching untuk kaki

Anda bisa lihat dari video-video ini, hanya untuk stretching saja bisa memakan waktu sejam lebih. Karena itu memperbaiki motorik membutuhkan motivasi tinggi dan kegigihan. Pelatihan motorik adalah full time job, dan bukan part time job. Karena itu teguhkan pendirian anda karena rasa malas dan mudah putus asa hanya akan mendorong anda ke jurang kecacatan.

Melepas kekakuan otot (spascity)

Berikut ini adalah video yang sangat penting tentang bagaimana cara melepas spasm (kekakuan otot akibat massa otot mengecil) yang membuat jari tangan jadi menekuk. Stretching ini harus sering-sering dilakukan apabila otot sudah terlanjur mengecil agar kelenturan otot bisa kembali, sehingga bisa melakukan latihan penguatan otot.

Setelah dilakukan pelepasan spasm di jari, stretching berikut bisa dilakukan. Ini untuk melemaskan sendi dan otot siku.

Khusus untuk pergelangan, latihan berikut sangat berguna untuk melemaskan otot pergelangan tangan dan jari-jari.

Leave a comment